Category Archives: ISO

Ternyata Penerapan ISO 9001:2015 Tidak Ada Manfaatnya, Kalau…

Kualitas РWaktu РBiaya. Foto oleh Dirk Wouters

Penyebab Kegagalan dan Kesuksesn Penerapan ISO 9001:2015

Sebelum saya membahas manfaat dari penerapan ISO 9001:2015 (selanjutnya disebut ISO 9001), saya mau mengajukan sebuah pertanyaan : Apakah perusahaan Anda sudah menerapkan ISO 9001? Kalau belum, saran saya fikir baik-baik terlebih dahulu sebelum menerapkannya. Karena tanpa intepretasi dan pemahaman yang sesuai mengenai persyaratan ISO 9001, hasil dari penerapannya tidak akan ada gunanya alias tidak memberikan manfaat bagi perusahaan. Masak sih enggak ada manfaatnya? Iya,  memang bisa tidak memberikan manfaat. Makanya sampai sejauh ini perusahaan tempat saya bekerja, belum mau menerapkan ISO 9001:2015.



Sebelum saya membalas lebih lanjut mengenai penerapan ISO 9001 yang tidak memberikan manfaat ini, perlu saya beri peringatan terlebih dahulu. Isi dari postingan ini berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi. Dimana setiap orang memiliki pengalaman dan pendapat yang berbeda-beda. Jadi apa yang berlaku di tempat saya bekerja, belum tentu berlaku buat orang lain.

Cara Pengadaan Barang dan Jasa Agar Tidak Salah Beli

Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa yang Benar Agar Purchasing Tidak Salah Pesan

prosedur pengadaan barang dan jasa

Atasan saya pernah bercerita bahwa di tempat kerjanya sebelumnya tidak ada karyawan yang mau ditempatkan di bagian purchasing (pembelian). Hal ini disebabkan karena karyawan di bagian purchasing sering dimarahi oleh end user dari departemen lain karena salah dalam pengadaan barang dan jasa : Salah beli barang, salah sewa jasa. Belum lagi kalau harganya kemahalan.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi prosedur pengadaan barang dan jasa yang benar agar staff purchasing tidak melakukan kesalahan lagi dalam pengadaan barang dan jasa.