Agar Karyawan Mau Memakai Alat Pelindung Diri (APD)

Tips Mendisiplinkan Karyawan dalam Memakai Alat Pelindung Diri (APD)

alat pelindung diri

Tujuan dari menggunakan alat pelindung diri (APD) adalah untuk melindungi karyawan. Selain itu juga sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit kerja dari potensi bahaya yang ada di perusahaan. Karyawan yang sehat akan memberikan kinerja terbaiknya. Produktivitas meningkat dan perusahaan mengalami kemajuan.

Karena pentingnya memakai alat pelindung diri, perusahaan melalui departemen safety health and environment (SHE) menggalakan penggunaan alat pelindung diri(APD). Departemen ini bertanggung jawab untuk menyediakan APD yang sesuai serta melatih cara memakainya kepada seluruh karyawan.

Namun walau pun sudah ditraining, disediakan APD yang memadai, masih saja ada karyawan yang membandel; Masih saja kedapatan karyawan yang tidak memakai APD. Kalau pun dipakai, pemakaiannya tidak semestinya. Misalnya sepatu safety dipakai sambil diinjak, masker hanya menyangkut di mulut; hidung masih terlihat dan lain sebagainya.

Kalau ditanya tujuan dan manfaatnya, mereka tahu semua. Kalau ditanya resiko tidak memakai APD mereka tahu juga. Namun kenapa mereka tidak mau memakai APD dengan benar keluar alasan yang  macam – macam :  belum terbiasa. Tidak leluasa dalam bekerja, ribet dan lain sebagainya. Jadi untuk membiasakan para karyawan ini perlu dilakukan cara – cara yang efektif.

Pada postingan kali ini kami mau berbagi berbagai cara agar karyawan mau memakai alat pelindung diri (APD) , terutama yang masih membandel. Ada pun cara- caranya sebagai berikut :

1. Pemberian sanksi
Cara yang pertama bisa dilakukan adalah dengan memberikan sanksi. Sanksi berupa pengeluaran surat peringatan (SP). Kalau ada yang tidak memakai alat pelindung diri, langsung diberikan SP 1.
Kelebihan cara ini adalah cukup efektif. Begitu diterapkan, maka karyawan serta merta memakai alat pelindung diri. Mereka takut kena sanksi kalau tidak memakainya. Namun kelemahannya adalah karyawan memakai alat pelindung diri bukan karena kesadarannya, melainkan karena takut. Begitu tidak ada safety officer atau atasannya, mereka segera melepaskan APD – nya. Untuk ke depannya cara ini tidak baik. Cara ini cukup baik hanya untuk jangka pendek, tapi tidak untuk jangka panjang.

2. Dibuat malu
Cara kedua adalah dengan membuat malu para karyawan yang kedapatan tidak memakai alat pelindung diri. Caranya adalah setiap kedapatan karyawan yang tidak memakai APD, langsung difoto oleh safety officer atau atasannya. Setelah itu fotonya dicetak dan dipajang di tempat – tempat umum yang mudah terlihat. Jangan lupa untuk menambahkan kata – kata “contoh karyawan yang tidak memakai APD”. Dibandingkan cara pertama ini lebih efektif lagi. Dari sini karyawan mulai mikir – mikir. Lebih baik “repot – repot” memakai APD, dari pada menanggung malu karena fotonya di pajang di tempat umum.
3. Diajak ikut memikirkan ide perbaikan
Cara terakhir adalah dengan memberi “hukuman” kepada para pelanggar – yang tidak memakai APD – untuk memberikan ide – ide perbaikan bagi perusahaan. Di tempat kami, setiap pelanggaran mereka wajib memberikan 5 (lima) buah ide perbaikan (untuk jumlah ide perbaikan bisa disesuaikan dengan kondisi perusahaan masing – masing). Dan kalau ternyata ide perbaikan ini memberikan manfaat kepada perusahaan maka mereka pun mendapatkan penghargaan dari perusahaan.

Dari ketiga cara di atas, menurut pengalaman kami cara yang ke-3 adalah cara yang paling efektif. Sepintas hukuman ini tidak “kejam” bagi para pelanggarnya. Namun dibandingkan dengan kedua hukuman sebelumnya, ini jauh lebih berat. Bagi sebagian karyawan memberikan ide – ide perbaikan jauh lebih susah dibandingkan dengan diberi sanksi atau foto wajahnya dipampang. Namun di sisi lain memberikan manfaat yang besar bagi karyawan dan perusahaan. Dan tentu saja proses – proses pembangunan kesadaran untuk memakai alat pelindung diri (APD) ini melalui melalui poster, spanduk dan saling mengingatkan tetap dijalankan.

Setelah membaca postingan ini, maka para safety officer atau atasan masing – masing bisa mendisiplinkan para karyawan yang masih membandel dalam pemakaian alat pelindung diri (APD) sehingga tujuan dari pemakaian APD ini : memberi perlindungan dan mencegah kecelakaan kerja bisa tercapai. Kecelakaan kerja bisa dihindari, produktivitas bisa meningkat. Kalau dari pembaca mempunyai ide – ide yang lain silahkan di-share di kolom komentar.

sumber gambar : https://pixabay.com/en/users/succo-96729/